Cara Mudah Merawat AC split

0

Menggunakan mesin pendingin ruangan Air Conditioner (AC) untuk kenyamanan kita dalam menjalani aktivitas kita setiap hari, baik dalam bekerja di ruangan tertutup atau saat bersantai bersama keluarga di rumah, AC sudah menjadi suatu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Terutama di lingkungan yang padat penduduk dan suhu udara yang panas.

Namun, akan merepotkan apabila AC tiba-tiba mati atau tidak dingin disaat kita menjalani hari-hari terpanas. Dan perlu kita ketahui bahwa mesin pendingin ruangan Air Conditioner (AC) ini memerlukan perawatan rutin atau service berkala, Tapi sayangnya tidak sedikit dari banyak pengguna AC tidak mengetahui hal ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi sedikit tips tentang cara merawat AC. Oke. . sebelum kita lanjut, Mungkin ada yang bertanya mengapa AC harus di rawat dan apa keuntungannya ?

Di antara keuntungan mengapa AC harus di rawat atau di service ialah :

  • Mencegah kerusakan dini
  • Supaya AC tetap bekerja dengan sempurna
  • Supaya tagihan listrik Anda tidak terlalu banyak dengan adanya AC, karena apabila AC kotor juga akan memakan daya listrik yang banyak dan kerja kompresor jadi berat.
  • Supaya AC tidak bocor air.

Mari kita simak tips untuk merawat AC berikut.

 

  1. Bersihkan filter atau saringan udara ACFiter udara ini terletak pada indoor AC, dan Anda bisa melakukannya ini sendiri. Ambil filter yang ada pada indoor AC dengan cara membuka tutup chasing depan indoor, kemudian cuci dengan sabun, setelah itu keringkan dan pasang kembali apabila filter sudah kering. Anda bisa melakukannya ini minimal 1 minggu sekali, supaya debu atau kotoran yang menempel tidak terlalu tebal.
  2. Service cuci AC rutin 3 bulan sekali.Untuk service cuci AC disini di bagi menjadi 2, yaitu Service Unit Indoor ( AC bagian dalam) dan Service Unit Outdoor (AC bagian luar).
  • Service Unit Indoor (AC bagian dalam)

Anda bisa melakukan ini dengan cara membuka chasing atau tutup indoor, kemudian bersihkan evaporator yang ada kisi-kisinya itu dengan menggunakan air bersih. Dan supaya air tidak berceceran, gunakan plastik khusus service AC.

Jangan lupa semprot saluran pembuangan air AC juga, supaya lancar pembuangannya dan tidak terjadi bocor air di kemudian hari.

“Ingat !!! Lakukan ini dengan berhati-hati, jangan sampai air mengenai PCB modul AC”

  • Service Unit Outdoor (AC bagian luar)

Untuk membersihkan unit AC bagian luar Anda tidak peru membongkarnya, cukup Anda semprot dengan air bagian evaporator outdoor tersebut.

Namun, apabila outdoor terlalu kotor parah, Anda bisa membuka tutupnya lalu cuci yang bersih untuk hasil maximal.

Apabila anda ingin mengerjakan perawatan AC ini sendiri, anda harus mempunyai motor steam yaitu msein untuk untuk membersihkan AC tersebut dimana mesin tersebut memiliki tekanan air yang kencang sehingga AC benar benar bersih.

Namun, apabila anda tidak memiliki alat tersebut atau anda ragu untuk melakukannya sendiri, Anda bisa memanggil kami

Sekian artikel cara mudah merawat AC split dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba .

Share.

About Author

IT Support & Marketing CV. Berkah Tehnik Jogja

Leave A Reply

Powered by themekiller.com